Cirebon, Sabtu, 01 Juni 2019 Pengadilan Negeri Cirebon menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB yang bertempat di halaman depan gedung Kantor Pengadilan Negeri Cirebon.

Kegiatan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pimpin oleh Bapak SUHARNO, SH.,MH. Ketua Pengadilan Negeri Cirebon, dan dihadiri oleh Bapak EDI JUNAEDI, SH.,MH., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cirebon, Para Hakim, Para Pejabat Fungsional dan Struktural, seluruh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Cirebon, beserta para tamu yang ikut menghadiri penyelenggaraan Upacara Peringatan hari lahir pancasila.  Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti pembacaan teks Pancasila, dan Pembukaan UUD NKRI 1945.

Kemudian Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila dilanjutkan dengan Pembacan Amanat Kepala BPIP oleh pembina upacara, Bapak SUHARNO, SH.,MH., yang mana dalam amanat menuturkan melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.